Apa penyebab trombosit turun

Apa penyebab trombosit turun?

Trombosit atau sering disebut dengan keping darah memiliki peran aktif dalam pembekuan darah hingga darah yang terbuang saat terjadinya pendarahan tidak akan banyak. Disamping itu, trombosit ini dapat melakukan peningkatan terhadap daya tahan tubuh dan tubuh tidaklah mudah dikenai infeksi maupun terjangkit penyakit lain yang berbahaya.

Apa penyebab trombosit turun

Apa penyebab trombosit turun

Ketika terjadi sebuah luka, trombosit mengumpul kebagian luka kemudian membeku sampai lukanya tertutup. Setelah itu trombosit mengarahkan aliran berkteri menuju limpa yang kemudian bakteri itu dikepung oleh sel-sel yang bernama sel dendritik. Sel dendritik ini memiliki fungsi sebagai sel yang berperan aktif dalam pertahanan tubuh. Nah, daya tahan tubuhlah yang merespon dan melawan bakteri tersebut. Namun trombosit ini juga bisa menurun, lalu apa peyebab turunnya trombosit? Nah, kamu perlu tahu apa saja penyebab trombosit turun. Inilah mereka:

APA PENYEBAB TROMBOSIT TURUN?

Pada penyakit tertentu seperti demam berdarah bisa mengakibatkan jumlah trombosit menurun dan ketika jumlah trombosit ini menurun maka sistem yang berperan aktif dalam kekebalan tubuh ini juga ikut melemah lalu mengakibatkan kamu lemah dan tidak berbaya untuk melawan penyakit yang menimpa. Hal itulah yang menjadi jawaban atas pertanyaan dai apa akibat trombosit turun?

Selain penyakit demam berdarah banyak pula penyakit lain yang disebabkan oleh menurunnya trombosit tersebut. trombosit yang menurun sampai dibawah standart normalnya kerap kali dihubungkan dengan penyakit demam berdarah apalagi bagi kalangan yang masih awam meskipun tidak selalu demikian. Trombosit didalam darah pada kondisi yang normal hingga 150-450 ribu/mm3. Sedangkan pada keadaan yang tidak normal maka akan menurun dari batas standart tersebut. Keadaan dimana trombosit berada pada keadaan yang rendah ini disebut trombositipenia yang disebabkan oleh berbagai hal. Namun pada intinya, penyebab turunnya trombosit ini disebabkan oleh 2 hal. Pertama karena rusaknya trombosit pada peradaran darah dan kedua karena kekurangan produksi trombosit tersebut pada sumsum tulang.

Rusaknya trombosit disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu:

  • Infeksi dalam penyakit demam berdarah
  • Tifus yang mengakibatkan infeksi
  • Penderita pada penyakit leukimia
  • Penderita pada penyakit mielofibrosis
  • Penderita penyakit Imunologic Thrombocytopenia Purpura atau ITP. Penyakit ini merupakan yang memiliki zat anti yang terbentuk oleh tubuh dan menyerang trombosit melalui sebuah mekanisme yaitu mekanisme imunologi yang kemudian menjadikan berkurangnya trombosit. Gejala yang diperlihatkan berbentuk bercak darah pada kulit.
  • Penyakit dengan kasus Disseminated Intravascular Coagulation atau DIC. Penyakit ini biasa terjadi pada penderita pada penyakit berat. Contoh penyakit berat tersebut seperti penyakit lupus, shock, sirosia hati serta infeksi kuman didalam darah.

Sedangkan turunnya trombosit karena berkurangnya produksi dapat berupa anemia aplastik. Penyakit ini terjadi apabila sel yang bertugas untuk memproduksi keping darah merah ini pang berada pada sumsung tulang belakang ini tidak menjalankan fungsinya. Ketika trombosit rendah dan disertai dengan leukosit yang rendah pula maka sumsung tulang akan menjadi kosong.

Seperti itulah gambaran dari jawaban seputar apa penyebab trombosit darah turun, setelah mengetahui apa yang menyebabkan trombosit turun sebaiknya kamu segera mengkonsumsi makanan yang baik untuk meningkatkan trombosit ini seperti bawang putih, hati, juz kurma, juz jambu biji merah serta bermacam buah-buahan. Selalu jaga kesehatan dan makanan yang bergizi ya supaya kamu dapat memiliki kekebalan tubuh yang baik hingga bisa menjalani aktifitasmu dengan penuh semangat dengan badan yang sehat.

Cara menaikkan trombosit Klik Disini

Semoga Bermanfaat, Mohon dishare 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *